Tugas T.I.K Kelas XI.IA Ms.Excel
1. Jelaskan fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan data, membuat
rata-rata, dan fungsi logika dalam membuat sebuah laporan keuangan dengan Ms.
Excel !
Jawab :
Rumus Excel SUM
(Penjumlahan)
Penjumlahan dengan menggunakan
excel selain bisa kita gunakan dengan + (plus) bisa juga kita gunakan rumus excel sum untuk
menjumlahkan seluruh data dengan cepat. Dengan
menggunakan sum maka Anda bisa menjumlahkan data dengan cepat mulai dari satu
data hingga ribuan data, cukup masukkan urutan pertama dan terakhir saja
misalnya spt gambar diatas, data mulai A1 sampai A5 maka yang dimasukkan hanya
A1:A5 yang dipisahkan dengan tanda ":" (titik dua), namun jika Anda
ingin memilih dengan hanya beberapa cell saja yang ingin dijumlahkan maka
pisahkan dengan tanda ";" (titik koma).
AVERAGE
AVERAGE merupakan formula pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu data atau range numerik yang dipilih, dalam kasus diatas range yang dicari nilai rata-ratanya adalah cell E4 sampai E13.
AVERAGE merupakan formula pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu data atau range numerik yang dipilih, dalam kasus diatas range yang dicari nilai rata-ratanya adalah cell E4 sampai E13.
FUNGSI LOGIKA
FUNGSI
|
KEGUNAAN
|
PENULISAN
|
IF
|
Menghasilkan nilai dari satu
logika yang diuji kebenarannya
|
=IF
(logical_test,value
_if_true,value_if_false) |
IF bersarang
|
Menghasilkan nilai dari lebih dari satu logika yang
diuji kebenarannya
|
=IF (logical_test1,
value_if_true,IF (logical_test1, value_if_truevalue_if_false)) |
IF OR
|
Fungsi ini menghasilkan nilai
benar, bila berargumen benar. Hasil dari fungsi ini juga dapat menghasilkan
nilai salah, jika seluruh argument salah
|
=IF (OR(logical_test1,logicaltest2,value
_if_true,value_if_false)) |
IF AND
|
Fungsi ini menghasilkan nilai benar, bila berargumen
benar. Hasil dari fungsi ini juga dapat menghasilkan nilai salah, jika salah
satu argumen salah
|
=IF
(AND(logical_test1,logicaltest2,
value_if_true,value_if_false)) |
2. Tuliskan fungsi statistik
& matematika dalam Ms. Excel !
Jawab :
Macam-macam fungsi statistik
1. SUM = digunakan untuk menjumlahkan data pada range.
2.
AVERAGE = digunakan untuk menghitung nilai rata-rata pada range.
3. MIN = digunakan untuk menghitung nilai paling rendah
dalam range.
4. MAX = digunakan untuk menghitung niali paling besar atau
paling tinggi.
5. COUNT = digunakan untuk menghitung jumlah cacah data pada
range.
Fungsi
Matematika
Fungsi ini berkaitan
dengan matematika. Karena matematikan merupakan ilmu dasar bagi ilmu lain, maka
fungsi matematika juga biasa digunakan didalam bidang lain. Pada fungsi
matematika ada 50 fungsi yang disediakan. Fungus yang sering digunakan antara
lain SUM, fungsi sudut (sin, cos, tan), fungsi MOD, SQRT, dan INT.
Fungsi SUM
Fungsi SUM merupakan
jumlah pada suatu baris atau kolom. Sintak dan argument
=SUM(number1;number2;number3;…;number~n). jika kita menggunakan range maka
caranya ialah =SUM(sel_awal:Sel_akhir). Pada fungsi terkadang menggunakan tanda
pemisah “;” atau “,” tergantung dari format yang digunakan.
Dalam penulisan fungsi
tidak boleh menggunakan tanda spasi dan tanda lain. Apabila har ini terjadi
maka akan terjadi ERROR dari kesalahan memasukkan sintak.
Fungsi Sudut
Fungsi sudut merupakan
fungsi yang digunakan untuk mencari nilai dari radian atau sudut. Secara umum
sintak dan argument ialah =fungsi_sudut(besar_sudut).
Contoh: untuk mencari
nilai sin 300, penulisannya =SIN(30)
Fungsi MOD
Fungsi MOD merupakan
fungsi untuk mencari sisa pembagian, sintak dan argument ialah
=MOD(nilai;pembagi). Misalnya =MOD(8;3), hasilnya adalah 2, pada =MOD(10;2),
hasilnya adalah 0.
Fungsi SQRT
Fungsi SQRT merupakan
fungsi untuk mencari nilai akar. Sintak dan argumennya adalah =SQRT(nilai).
Misalnya =SQRT(100), hasilnya adalah 100.
Fungsi INT
Fungsi INT untuk
mengabaikan nilai decimal pada suatu bilangan. Sintak dan argumennya adalah
=INT(nilai). Misalnya =INT(1.200) hacilnya adalah 1, =INT(90.9) hasilnya adalah
90.
3. Apa yang dimaksud dengan
alamat sel dalam Ms. Excel ! Sebutkan 3 macam alamat sel & jelaskan
masing-masing !
Jawab :
Alamat sel jika di cut maka
alamat tersebut tidak berubah.
Microsoft Excel membedakan Alamat Cell itu
menjadi 3 (tiga) macam, yaitu:
A. Alamat Cell Relatif.
Yaitu alamat cell yang jika disalin ke
cell lain, maka rumus atau data yang ada di dalamnya akan menyesuaikan
perpindahan kolom dan baris.
Contoh alamat cell relatif : A1
B. Alamat Cell Absolut.
Artinya alamat cell yang terkunci (kunci
kolom dan baris) dalam suatu cell tertentu sehingga jika menyalin suatu rumus
yang menggunakan data dalam cell tersebut akan tetap (dari cell tersebut
atau tidak terpengaruh oleh perpindahan kolom dan baris).
Contoh alamat cell absolut : $A$1
C. Alamat Cell Semi
Absolut
Alamat cell semi absolut di bagi menjadi 2
yaitu, semi absolut kolom dan semi absolut baris.
Alamat Cell Semi Absolut Kolom yaitu suatu rumus yang
apabila disalin ke kolom lain, maka tidak akan dipengaruhi oleh perubahan kolom
itu tetapi jika disalin ke baris lain rumus itu akan mengikuti perubahan baris.
Contoh Alamat Cell Semi Absolut Kolom :
$A1
Alamat Cell Semi Absolut Baris, rumus dengan menggunakan
alamat ini apabila disalin ke baris lain maka tidak akan dipengaruhi perubahan
baris itu, tetapi apabila disalin ke kolom yang lain, maka rumus tersebut akan
mengikuti perubahan kolom.
Comments
Post a Comment