CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Rabu, 02 April 2014

Tugas T.I.K Kelas XI.IA Ms.Excel



            1.  Jelaskan fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan data, membuat rata-rata, dan fungsi logika dalam membuat sebuah laporan keuangan dengan Ms. Excel !
Jawab :
Rumus Excel SUM (Penjumlahan)
Penjumlahan dengan menggunakan excel selain bisa kita gunakan dengan + (plus) bisa juga kita gunakan rumus excel sum untuk menjumlahkan seluruh data dengan cepat. Dengan menggunakan sum maka Anda bisa menjumlahkan data dengan cepat mulai dari satu data hingga ribuan data, cukup masukkan urutan pertama dan terakhir saja misalnya spt gambar diatas, data mulai A1 sampai A5 maka yang dimasukkan hanya A1:A5 yang dipisahkan dengan tanda ":" (titik dua), namun jika Anda ingin memilih dengan hanya beberapa cell saja yang ingin dijumlahkan maka pisahkan dengan tanda ";" (titik koma).




AVERAGE
AVERAGE merupakan formula pada Microsoft Excel yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu data atau range numerik yang dipilih, dalam kasus diatas range yang dicari nilai rata-ratanya adalah cell E4 sampai E13.

FUNGSI LOGIKA
FUNGSI
KEGUNAAN
PENULISAN
IF
Menghasilkan nilai dari satu logika yang diuji kebenarannya
=IF (logical_test,value
_if_true,value_if_false)
IF bersarang
Menghasilkan nilai dari lebih dari satu logika yang diuji kebenarannya
=IF (logical_test1,
value_if_true,IF (logical_test1,
value_if_truevalue_if_false))
IF OR
Fungsi ini menghasilkan nilai benar, bila berargumen benar. Hasil dari fungsi ini juga dapat menghasilkan nilai salah, jika seluruh argument salah
=IF (OR(logical_test1,logicaltest2,value
_if_true,value_if_false))
IF AND
Fungsi ini menghasilkan nilai benar, bila berargumen benar. Hasil dari fungsi ini juga dapat menghasilkan nilai salah, jika salah satu argumen salah
=IF (AND(logical_test1,logicaltest2,
value_if_true,value_if_false))


           2. Tuliskan fungsi statistik & matematika dalam Ms. Excel !
Jawab :

Macam-macam fungsi statistik

1.        SUM  = digunakan untuk menjumlahkan data pada range.
2.        AVERAGE = digunakan untuk menghitung nilai rata-rata pada range.
3.        MIN = digunakan untuk menghitung  nilai paling rendah dalam range.
4.        MAX = digunakan untuk menghitung niali paling besar atau paling tinggi.
5.        COUNT = digunakan untuk menghitung jumlah cacah data pada range.
Fungsi Matematika
Fungsi ini berkaitan dengan matematika. Karena matematikan merupakan ilmu dasar bagi ilmu lain, maka fungsi matematika juga biasa digunakan didalam bidang lain. Pada fungsi matematika ada 50 fungsi yang disediakan. Fungus yang sering digunakan antara lain SUM, fungsi sudut (sin, cos, tan), fungsi MOD, SQRT, dan INT.
*     Fungsi SUM
Fungsi SUM merupakan jumlah pada suatu baris atau kolom. Sintak dan argument =SUM(number1;number2;number3;…;number~n). jika kita menggunakan range maka caranya ialah =SUM(sel_awal:Sel_akhir). Pada fungsi terkadang menggunakan tanda pemisah “;” atau “,” tergantung dari format yang digunakan.


Dalam penulisan fungsi tidak boleh menggunakan tanda spasi dan tanda lain. Apabila har ini terjadi maka akan terjadi ERROR dari kesalahan memasukkan sintak.
*     Fungsi Sudut
Fungsi sudut merupakan fungsi yang digunakan untuk mencari nilai dari radian atau sudut. Secara umum sintak dan argument ialah  =fungsi_sudut(besar_sudut).
Contoh: untuk mencari nilai sin 300, penulisannya =SIN(30)
*     Fungsi MOD
Fungsi MOD merupakan fungsi untuk mencari sisa pembagian, sintak dan argument ialah =MOD(nilai;pembagi). Misalnya =MOD(8;3), hasilnya adalah 2, pada =MOD(10;2), hasilnya adalah 0.
*     Fungsi SQRT
Fungsi SQRT merupakan fungsi untuk mencari nilai akar. Sintak dan argumennya adalah =SQRT(nilai). Misalnya =SQRT(100), hasilnya adalah 100.
*      Fungsi INT
Fungsi INT untuk mengabaikan nilai decimal pada suatu bilangan. Sintak dan argumennya adalah =INT(nilai). Misalnya =INT(1.200) hacilnya adalah 1, =INT(90.9) hasilnya adalah 90.

      3. Apa yang dimaksud dengan alamat sel dalam Ms. Excel ! Sebutkan 3 macam alamat sel & jelaskan masing-masing !
Jawab :
Alamat sel jika di cut maka alamat tersebut tidak berubah.
Microsoft Excel membedakan Alamat Cell itu menjadi 3 (tiga) macam, yaitu:
A.   Alamat Cell Relatif.
Yaitu alamat cell yang jika disalin ke cell lain, maka rumus atau data yang ada di dalamnya akan menyesuaikan perpindahan kolom dan baris.
Contoh alamat cell relatif : A1
B.   Alamat Cell Absolut.
Artinya alamat cell yang terkunci (kunci kolom dan baris) dalam suatu cell tertentu sehingga jika menyalin suatu rumus yang menggunakan data dalam  cell tersebut akan tetap (dari cell tersebut atau tidak terpengaruh oleh perpindahan kolom dan baris).
Contoh alamat cell absolut : $A$1
C.    Alamat Cell Semi Absolut
Alamat cell semi absolut di bagi menjadi 2 yaitu, semi absolut kolom  dan  semi absolut baris.
Alamat Cell Semi Absolut Kolom yaitu suatu rumus yang apabila disalin ke kolom lain, maka tidak akan dipengaruhi oleh perubahan kolom itu tetapi jika disalin ke baris lain rumus itu akan mengikuti perubahan baris.
Contoh Alamat Cell Semi Absolut Kolom : $A1
Alamat Cell Semi Absolut Baris, rumus dengan menggunakan alamat ini apabila disalin ke baris lain maka tidak akan dipengaruhi perubahan baris itu, tetapi apabila disalin ke kolom yang lain, maka rumus tersebut akan mengikuti perubahan kolom.



0 komentar:

 
Instagram